SEJARAH DESA TANJUNG HARAPAN

Desa Tanjung Harapan adalah merupakan Desa tertua di Wilayah Kecamatan Sebulu, memiliki 2 (dua) Dusun yaitu: Dusun Mulia Harapan dan Dusun Sinar Harapan. Pada awalnya Desa Tanjung Harapan memiliki beberapa nama Desa yang pertama Desa Jonk Lankap berganti menjadi Tanjoeng Langkap dan sekarang lebih akrab dan dikenal dengan nama Desa Tanjung Harapan.

Desa Tanjung HarapanĀ  merupakan bagian dari Wilayah Kecamatan Muara Kaman setelah pemekeran Kecamatan, Desa Tanjung Harapan menjadi Wilayah dari Kecamatan Sebulu. Pada tahun terbentuknya Kecamatan Sebulu untuk Wilayah Desa Tanjung Harapan memiliki beberapa Dusun-dusun terdiri dari: Dusun Mulia Harapan, Dusun Sinar Harapan, Dusun Sanggulan, Dusun Jambe, dan Dusun Harapan Jaya.

Setelah Pemekeran dari Dusun Sanggulan yang merupakan Dusun dari Desa Tanjung Harapan untuk membentuk sebuah Wilayah Desa baru , dan sekarang menjadi Desa Sanggulan terdiri dari beberapa Dusun yaitu: Dusun Jambe dan Dusun Harapan Jaya, yang dahulunya Desa dan Dusun-dusun tersebut merupakan dari sebagian Wilayah Desa Tanjung Harapan.