WEBSITE RESMI DESA TANJUNG HARAPAN SEBULU

Sumber Informasi Desa Yang Uptodate dan Aktual

November 12, 2019

Profil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT)

Profil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT)

Terjun lama di dunia bisnis, Eko Putro Sandjojo akhirnya bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa. Dari sanalah ia menjadi menteri.

Nama Eko Putro Sandjojo mulai mencuat ke publik setelah ia resmi menjabat sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) pada perombakan kabinet akhir Juli 2016. Saat itu usia Eko masuk 51 tahun.

Pada awalnya, Eko Putro Sandjojo merupakan salah satu pelaku bisnis di Indonesia. Pria kelahiran 21 Mei 1965 ini mendapatkan gelar Bachelor of Electrical Engineering atau S1 Teknik Elektro di University of Kentucky, Lexington, Amerika Serikat pada tahun 1991.

Eko, sapaan akrabnya, melanjutkan pendidikan S2 di tanah air dengan gelar Master of Management Administration (MBA) di Institut Pengembangan Manajemen Indonesia atau yang sering disingkat IPMI. Kariernya terbilang cemerlang. Eko memulai karier sebagai General Manager PT. Indonesia Farming terhitung sejak tahun 1994 hingga 1997 di mana orang tuanya memiliki 5% saham dari PT. Indonesia Farming.

Ia juga sempat mengikuti pelatihan kepemimpinan dalam pembangunan pasca konflik pada tahun 2000 di Universitas PBB, Aman, Yordania. Baginya, seorang pemimpin tidak bisa mengambil alih langsung pekerjaan anak buahnya karena hasilnya tidak akan maksimal. Hal tersebut menjadi kesalahan seorang pemimpin karena sang pemimpin harus mampu mempersiapkan anak buahnya bekerja dengan baik dan sempurna.

Selanjutnya, Eko melanjutkan kariernya di PT. Sierad Produce Tbk. hingga di tahun 2005, ia sukses menjabat sebagai Direktur Utama. Kemudian ia pindah ke Humpuss pada tahun 2007 dengan posisi yang sama. Namun, di tahun 2009 Eko Putro Sandjojo memutuskan untuk kembali ke PT. Sierad Produce Tbk. sebagai Presiden Direktur.

Tak puas dengan karier cemerlangnya, Eko Putro Sandjojopun terjun ke dunia politik. Di bawah naungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Eko menjabat sebagai Bendahara Umum.

Eko juga sempat bergabung dalam Deputi Tim Transisi Jokowi pada tahun 2014. Di tim transisi ini, pria dengan gelar Master ini membawahi kelompok kerja di bidang perdagangan domestik, peningkatan ekspor, ekonomi kreatif, serta percepatan ekonomi Papua.

Pada Reshuffle Kabinet Jilid II, bertepatan 27 Juli 2016, Presiden Joko Widodo mengangkat Eko menggantikan posisi rekan sesama partainya, Marwan Jafar sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Kualifikasi Eko terbilang sangat mumpuni, selain sebagai Bendahara Umum PKB, ia juga pernah menjadi Ketua Tim Asistensi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada tahun anggaran 2010. Pada awalnya, Eko menolak untuk menjadi Mentri Desa PDTT. Namun, akhirnya ia menyetujuinya setelah Presiden Joko Widodo menyakininya.

Serah jabatan antara Marwan Jafar dan Eko Putra Sandjojo dilaksanakan di Kantor Kemendes PDTT di Jl. Raya Kalibata No. 17, Jakarta Selatan di hari yang sama. Marwan Jafar meminta seluruh pejabat mendukung Eko selaku Mentri Desa PDTT baru. (AKC/DN)

PENDIDIKAN
Electrical Engineering, University of Kentucky, Lexington (1991)
Master of Business Administration, Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) (1993)

KARIER
General Manager PT. Indonesia Farming (1994 – 1997)
Direktur Utama PT. Sierad Produce Tbk. (2005 – 2006)
Direktur Utama Humpuss (2006)
Presiden Direktur PT. Sierad Produce Tbk. (2009)
Ketua Tim Asistensi Menakertrans (2010)
Komisaris Independen PT Central Proteina Prima Tbk (2015)
Bendahara Umum PKB (2015)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (2016-2019)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply